Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesifikasi Minimal Komputer Untuk Memainkan Game Terbaru

Spesifikasi minimal komputer untuk memainkan game terbaru


Kupaskomputer.com - Apa kabar sobat? dari beberapa artikel sebelumnya saya sering memberikan review kartu grafis dalam hal bermain game. Nah saat ini saya ingin memberikan sedikit tips bagi para gamer yang menginginkan komputer masih bisa bermain game tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak uang untuk membangun sebuah gaming komputer. Sebelumnya saya juga pernah membahas cara untuk mengetahui komputer kita bisa menjalankan game atau tidak.


Spesifikasi minimal komputer untuk gaming

Pernahkah ada seorang teman yang bertanya seperti itu? atau jangan-jangan kita sendiri pernah menanyakannya. Agak sulit memang untuk menentukan spesifikasi minimal komputer yang bisa memainkan game-game terkini. Apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi, game-game keluaran terbaru saat ini, sangat menuntut spesifikasi komputer yang cukup tinggi. Kalau uang bukanlah masalah, mungkin ini juga bukanlah masalah yang berat bagi para gamer.

Namun bagaimana dengan gamer kantong ketat? cukup sulit menentukannya. Berdasarkan pengetahuan saya selama ini dan dari beberapa referensi yang saya baca, saya akan mencoba memberikan sedikit gambaran mengenai spesifikasi minimal komputer yang masih cukup bisa memainkan game-game terkini seperti Call of duty Advance Warfare, GTA V, Far Cry 4, Battlefield 4, Crysis 3 dan game-game lainnya.



Prosesor

Ada dua kubu yang bersaing dalam dunia prosesor komputer. Yup, AMD dan Intel. Mereka menggunakan segala teknologinya untuk mendapatkan hati sang pemenang yaitu pembeli. Namun disini yang saya tekankan adalah prosesor yang masih bisa menjalakan game.

Dari beberapa game yang pernah saya uji cobakan, ada beberapa game yang meminta minimal prosesor sudah memiliki 4 inti prosesor. Atau juga memiliki fitur HT seperti prosesor milikinya intel yaitu intel core i3.


Hindari prosesor yang masih menggunakan dua inti prosesor atau lebih dikenal dengan Dual core, contoh prosesor dari AMD yaitu AMD Athlon II X2 / AMD APU A4/A6 atau dari Intel yaitu Intel Pentium Dual Core. Sobat bisa melihat kembali bahasan mengenai prosesor buat gaming pada artikel sebelumnya.

(baca : tips memilih prosesor untuk gaming)

Produk Intel :

  • Intel Core 2 Quad minimal 2,6Ghz keatas soket LGA 775
  • Intel Core i3 yang memiliki fitur HT atau Hyper Threading contoh Intel Core i3 540 3.0Ghz soket 1156

Produk AMD : 
  • AMD Athlon II X4 2.8Ghz
  • Jajaran keluarga AMD Phenom II X4 minimal 2.8Ghz
  • AMD APU A8
  • AMD FX 6100 3.3Ghz


RAM (Random Access Memory)

RAM (random access memory) cukup berperan penting saat ini. Tuntutan minimal ram tahun lalu adalah 4GB. Namun kenyataannya saat ini, game-game terbaru menuntut ram minimal 6GB. Cukup bijak rasanya kalau kita membeli RAM dengan kapasitas minimal 8GB, untuk menjaga permintaan game-game kedepannya yang semakin rakus memori.

Beberapa game yang tidak bisa lagi dijalankan menggunakan ram 4GB yaitu Call of duty Ghost, Call of duty advance warfare, Assassin Creed Unity, Mortal Combat X, dan GTA V. Oh ya, hindari menggunakan RAM berjenis DDR2. Alasannya karena RAM DDR2 sudah cukup langka di pasaran dan harganya terbilang cukup mahal. Lebih baik mencari komputer yang telah menggunakan memori DDR3.



Kartu Grafis /VGA/ Graphic Card

Salah satu perangkat yang paling penting dalam hal komputer gaming. Kartu grafis menentukan kualitas game yang akan dihasilkan. Namun jangan juga sampai salah memilih. Kemampuan kartu grafis harus diikuti dengan kemampuan prosesor agar tidak terjadi bottleneck . Dan juga minimal mengambil kartu grafis yang sudah menggunakan teknologi Directx 11, video ram berjenis DDR3 dengan kapasitas minimal 1GB (lebih baik 2GB kalau bisa) dan lebar jalur data (bit) sebesar 128 bit.

Untuk diketahui, saat ini beberapa kartu grafis sudah mendukung teknologi Directx 12.

Contoh kartu grafis yang sudah menggunakan directx 11 dari dua kubu yang saat ini saling bersaing. 


  1. Dari Nvidia minimal mengambil seri GT 4xx, contoh Nvidia GT 430 1GB DDR3 128bit
  2. Dari AMD minimal mengambil seri HD 5xxx. Contoh AMD Radeon HD 5570 1GB DDR3 128bit.


Bottleneck merupakan suatu istilah dalam dunia komputer yaitu kemampuan vga yang lebih tinggi dari prosesor mengakibatkan game tetap tersendat-sendat. Karena prosesor tidak bisa mengimbangi kecepatan vga atau kartu grafis. Dan ini pun berlaku untuk sebaliknya seperti prosesor yang lebih tinggi dari vga.


Hard disk

Hardisk bukanlah syarat utama dalam dunia gaming. Namun saya tetap memasukkannya untuk syarat minimal, karena beberapa game saat ini meminta ruang hardisk minimal 40GB, bisa kebayang bukan kalau hardisk kita hanya 80GB? kalau dibagi-bagi maka tidak akan ada lagi ruang buat instalasi game.
(baca: cara mengetahui game yang bisa dijalankan di pc)

Saya menyarankan minimal mengambil hardisk dengan kapasitas 500GB. Apalagi harga hardisk saat ini sudah tidak terlalu mahal. Namun lebih bijak untuk menggunakan hardisk 1TB, ini untuk menjaga kedepannya. Pernah saya membaca di salah satu situs, bahwa salah satu game yang akan segera rilis meminta ruang hardisk 100GB. Wow! hanya untuk 1 game, ruang kosongnya cukup besar. Namun apabila sobat menginginkan hardisk berkinerja tinggi tanpa mempertimbangkan harga yang mahal, silahkan sobat kupas komputer memilih hardisk berjenis SSD. 



Kesimpulan


Dari penjelasan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa komputer yang masih menggunakan prosesor dual core tanpa teknologi HT, ram 2gb, dan kartu grafis berbasis directx 10 sudah tidak layak lagi memainkan game terkini?sebagian besar "IYA". Kenyatannya game-game sekelas far cry 4, call of duty advance warfare, assassin creed unity, crysis 3 dan beberapa game lainnya sudah tidak bisa dijalankan lagi komputer spesikasi tersebut.

Tetapi bukan berarti kita tidak bisa menikmati game-game terbaru dengan spesifikasi komputer tersebut, beberapa game masih bisa dijalankan dengan baik, seperti Need For Speed Most Wanted 2, Pro Evolution Soccer 2015 dan game-game yang tidak menuntut spesifikasi tinggi.


Saya ambil contoh spesifikasi minimal komputer untuk gaming saat ini :
  1. Intel Core i3 540 3.0ghz / AMD Athlon II X4 3.0Ghz
  2. RAM 6GB
  3. VGA Nvidia GT 430 2GB DDR3 / AMD Radeon HD 5570 1GB DDR3 
  4. Hardisk 500GB