Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membatasi Akses Internet untuk Anak di Rumah

Saat ini banyak orang tua yang menyediakan akses Internet di rumah untuk anak-anak mereka. Bila dilihat dari sisi positif, banyak sekali hal yang memang bisa dipelajari anak-anak di Internet. Namun, Internet tentu punya sisi negatif yang sebaiknya dijauhkan dari anak-anak, dan orang tua pun sangat perlu untuk membatasi akses Internet untuk anak-anak mereka di rumah.


Tips Membatasi Akses Internet untuk Anak di Rumah


Membatasi akses Internet untuk anak bisa dilakukan oleh orang tua dengan berbagai cara, misalnya dengan mengatur waktu kapan anak-anak boleh mengakses Internet atau dengan menemaninya setiap kali asyik menjelajah Internet. Namun, hal ini tidak bisa Anda lakukan setiap waktu. Ada saatnya orang tua tidak bisa menemani dan mengawasi anak mereka ketika mengakses Internet. kabar baiknya, saat ini sebuah fitur penting yang bisa membantu untuk hal itu, Parental Control, sudah makin mudah dijumpai.

Parental Control, sesuai dengan namanya, bisa membantu orang tua membatasi akses Internet anak di rumah. Fitur ini bisa saja hadir dalam beberapa aplikasi paket keamanan. Namun, untuk aplikasi paket keamanan, orang tua umumnya harus melakukan instalasi dan konfigurasi secara manual di satu per satu perangkat yang digunakan oleh anak-anak, dan harganya pun kadang cukup mahal.

Untungnya, Parental Control tidak hanya ditawarkan oleh aplikasi paket keamanan saja, tetapi juga oleh produsen perangkat jaringan di dalam router mereka. Beberapa produsen router memang mengedepankan fitur ini di produk router mereka, termasuk di produk yang ditawarkan untuk kelas entry-level dan mid-range sekalipun. Kali ini, kami akan menunjukkan bagaimana cara memanfaatkan Parental Control di router, yang umumnya tersedia secara gratis sebagai fitur terintegrasi yang diberikan produsen.

Salah satu router termurah yang sudah dilengkapi dengan fitur Parental Control adalah Asus RT-N14UHP, Parental Control yang ditawarkan di router tersebut mengusung fitur untuk mengatur jadwal akses Internet untuk perangkat yang digunakan oleh anak-anak.

Beberapa router memungkinkan pengguna untuk memasukkan secara spesifik situs-situs yang ingin diblokir, sehingga tidak bisa diakses dari perangkat-perangkat yang digunakan oleh anak-anak. Namun, beberapa, termasuk Asus, sudah menyediakan kelompok-kelompok situs atau konten yang bisa langsung dipilih untuk mempermudah orang tua melakukan pembatasan akses. Semua hal ini tentunya akan membantu menghadirkan akses Internet yang lebih aman untuk anak-anak di rumah.

Posting Komentar untuk "Tips Membatasi Akses Internet untuk Anak di Rumah"