Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Dua Kartu Grafis Dalam Satu Komputer

Memasang dua kartu grafis cukup mudah dan tidak berbelit-belit. Hal itu juga tergantung pada sistem yang kalian gunakan untuk mempersiapkan penggunaan dua kartu grafis. Apakah menggunakan SLI oleh NVIDIA, ataupun Crossfire oleh ATI.

Instruksi dibawah ini akan menjelaskan penggunaan dua kartu grafis berdasarkan teknologi SLI oleh NVIDIA.


Memasang Dua VGA Dalam Satu Komputer

Instruksi

1. Pastikan motherboard kompatibel dengan penggunaan dua kartu grafis. Entah itu dengan memeriksa buku petunjuk atau dengan mengeceknya pada situs web pabrikan motherboard tsb.

2. Matikan komputer, dan cabut semua kabel daya komputer.

3. Lepaskan penutup samping komputer atau seluruh penutup komputer. Tergantung bagaimana penutup komputer tsb diatur.

4. Carilah dua slot PCI Express, dimana nantinya kalian akan memasang kartu grafis pada slot tersebut.

5. Tergantung pada jenis motherboard yang digunakan, kalian bisa menekan tuas posisi Single/SLI Video Card ke posisi dua kartu grafis. Tuas ini terletak diantara dua slot PCI express untuk kartu grafis. Pada beberapa motherboard dengan model terbaru, tuas ini tidak diperlukan.

6. Masukkan kartu grafis satu-persatu dan tekan kartu grafis tersebut dengan rapat pada posisinya.

7. Sambungkan bridge yang disuplai dengan motherboard Anda. Bridge tersebut menyambungkan dua sisi atas dari tiap kartu grafis. Bridge tersebut memiliki ukuran yang bermacam-macam. Jika salah satu ukuran termasuk pada motherboard Anda, ukuran tersebut adalah ukuran yang benar untuk direntangkan diantara dua kartu grafis.

8. Lagi, tergantung pada motherboard, kalian mungkin harus menyambungkan konektor molex PSU 4 pin, atau dapat disebut juga sebagai Easy Plug Molex. Konektor ini akan menambahkan daya tambahan yang berjalan pada kartu grafis. Juga, tergantung  dengan kartu grafis yang Anda gunakan, kalian harus menyambungkan tiap kartu grafis pada suplai daya komputer/UPS .

9. Setelah pemasangan fisik selesai, instal driver kartu grafis, dan lakukan reboot/restart.

10. Akan muncul pesan dari control panel NVIDIA, bahwa sistem Anda di konfigurasi untuk menggunakan banyak GPU. Klik untuk mengaktifkannya.

11. Aktifkan mode SLI agar dapat menggunakan dua kartu grafis. Setelah pengaturan ini, segera lakukan booting pada komputer.

Tips & Peringatan

Jika kalian ingin menggunakan lebih dari satu monitor dengan kartu grafis, perhatikan bahwa jika mode SLI diaktifkan, hanya satu monitor yang dapat didukung. Kalian harus menggunakan hardware tambahan agar bisa menggunakan dua monitor.

Dengan mode SLI oleh NVIDIA, kalian harus menyambungkan dua kartu grafis dengan chipset yang sama. Contohnya, 1 MSI 950 dan 1 INNO3D 950 bisa disambungkan.

Posting Komentar untuk "Cara Memasang Dua Kartu Grafis Dalam Satu Komputer"