Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Laptop Bekas Second 2nd

Kupaskomputer.com - Bagaimana kabarnya sobat? Semoga masih tetap diberikan kesehatan oleh Allah. SWT, amin. Bahasan kali ini mengenai tips bagaimana memilih barang seken alias bekasan, khususnya laptop. Ada dua alasan mengapa orang lebih condong memilih laptop seken dibanding baru yaitu :
  1. Ingin mendapatkan spesifikasi lebih tinggi dengan harga yang lebih murah
  2. Dana yang tidak mencukupi untuk membeli laptop baru

Laptop seken VS laptop baru?harapkan.

Laptop Bekas Second 2nd


Siapapun itu pasti menginginkan barang baru tak terkecuali saya. Seperti penjelasan saya tadi alasan orang memilih laptop seken salah satunya menginginkan spesifikasi lebih tinggi tetapi harga murah. Ya, kita bisa mendapatkan laptop yang memiliki kemampuan lebih tinggi daripada membeli laptop baru dengan harga yang sama.

Ambil contoh, dengan uang kurang lebih 3 juta yang akan kita dapatkan adalah netbook dengan spesifikasi Intel Celeron Dual core, ram 2gb dan hardisk 320gb. Bandingkan bila membeli laptop seken. Kurang lebih bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi core i3, ram 2gb/4gb dan harddisk 500gb. Bagaimana? cukup menggiurkan bukan ?


Yang harus diperhatikan ketika membeli laptop seken?

Banyak aspek yang mesti kita perhatikan disaat memutuskan membeli laptop seken. Jangan sampai uang kita terbuang percuma dan menyesali pilihan kita tersebut. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih laptop seken.

  • Pastikan laptop bukan barang servisan
  • Bisa dilihat dari seluruh body dan baut body, biasanya kalau bekas ada kerusakan sedikit dibagian sisi bodi 
  • Pastikan semuanya bekerja dengan baik (software maupun hardware)
  • Uji coba terlebih dahulu, dengan cara dihidupkan dan lihat semua aplikasi dan perangkat tersebut bekerja
  • Garansi yang diberikan oleh penjual (minimal ada garansi beberapa hari)
  • Pastikan laptop tersebut tidak pernah jatuh atau kesalahan-kesalahan lain dari pemakai sebelumnya
  • Pastikan semua hardware bebas penyakit seperti harddisk, baterai, LCD, keyboard, DVDRW dan carger.

Bagaimana cara mengetahui laptop tersebut adalah bukan atau pernah diperbaiki?

Cukup mudah sih sebenarnya untuk mengetahui laptop tersebut bukan atau pernah diservis, seperti penjelasan diawal tadi. Coba dilihat segelnya masih ada atau tidak, kalau masih ada berarti laptop tersebut belum pernah dibongkar. Segel tersebut biasanya ada di bagian belakang laptop ataupun di sekitar layar laptop.

Kalau seandainya penjual bilang pernah dibuka dengan alasan harddisknya pernah diganti, coba perhatikan di area bodynya, apakah ada bekas pernah dibuka? jikalau laptop tersebut ada bekas seperti dibuka berarti sudah pernah di servis. Coba tanyakan ke penjual alasannya kenapa laptop tersebut pernah diservis. 

Bagaimana cara mengetahui kondisi laptop tersebut bekerja sebagaimana mestinya?

Untuk bagian ini, bila kita minim pengetahuan mengenai laptop ada baiknya mengajak orang yang ahli dibidangnya. Untuk menghindari penipuan yang dilakukan oleh penjual. Caranya sebagai berikut :

1) Periksa LCDnya apakah bisa menampilkan gambar dengan baik.
Cek apakah ada titik hitam atau putih pada layar, istilahnya Dead pixel?cukup menggunakan mata telanjang. Kalau mau akurat bisa gunakan aplikasi seperti Dead Pixel Budy untuk mencari dead pixel atau titik hitam tadi. Kalau cuma satu sih gak masalah, tetapi kalau sudah terlalu banyak, lebih baik tidak dihindari

2) Periksa kondisi kesehatan harddisk.
Ini cukup penting karena disinilah semua software yang kita pasang dan juga tempat penyimpanan data. Harddisk yang jelek akan berpengaruh juga kepada kinerja laptop tersebut. Cek apakah ada bad sector atau tidak? kalau ada satu atau dua titik bad, tidaklah terlalu jelek. (baca : cara cek kondisi harddisk)

3) Periksa ketahanan Baterai.
Umumnya baterai laptop bisa bertahan kurang lebih 3-6 jam tergantung dari penggunaannya. Untuk laptop bekas, ketahanan baterainya pun berkurang tergantung juga dari usia laptop tersebut. Untuk mengeceknya bisa menggunakan aplikasi Battery bar atau cek langsung dengan menghidupkan laptop sampai baterai benar-benar mau habis dan lihat berapa lama waktunya

4) Periksa optical disk.
Caranya cukup memasukkan kaset DVD yang berisi data, kemudian di burning menggunakan aplikasi nero atau menyalin seluruh file di dalam kaset. Coba lihat apakah semua data di kaset bisa terbaca? atau malah sebagian tidak?

5) Periksa suhu laptop.
Tujuannya sendiri untuk memastikan bahwa pendingin prosesor didalam laptop bekerja dengan baik. Ini penting, karena ketika pendingin tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya akan berimbas kerusakan fatal pada laptop tersebut. Gunakan aplikasi speed fan untuk melihat kondisi suhu keseluruhannya.
(baca : cek kondisi suhu)

6) Periksa kestabilan laptop.
Untuk yang satu ini agak sulit, karena untuk mengetahui laptop tersebut stabil atau tidak dengan cara menggunakannya dengan jangka waktu yang lumayan lama. Terus solusinya bagaimana? saran saya coba jalankan Windows Experience Index dan tunggu sebentar sampai menampilkan hasilnya. Jikalau ada error maka WEI tidak bisa menampilkan nilainya

7) Periksa semua port pada laptop.
Port yang saya maksud adalah port USB, port VGA, port Audio dan juga card reader apakah berfungsi semua atau tidak.

8) Periksa semua device pada laptop bekerja dengan baik
Device yang saya maksud adalah Bluetooth (kalau ada), WiFi, Sound dan LAN Card. Untuk bluetooth coba koneksikan dengan perangkat seperti handphone, sama halnya dengan Wifi. Sound, cukup sobat memutar sebuah lagu. Card reader sedikit bisa diabaikan kalau rusak karena kita sendiri sudah jarang menggunakannya.

10) Periksa Webcam.
Caranya cukup mudah dengan membukanya menggunakan aplikasi webcam dan coba mengambil foto dan video, kemudian diputar. Namun biasanya ketika kita membuka aplikasi webcam dan langsung tampil wajahnya, harusnya webcam tersebut tidak ada masalahnya. 

Kalau semuanya sudah dilakukan, InsyaAllah kita bisa mendapatkan laptop seken atau laptop bekas dengan kualitas yang terjamin dan terhindar dari penipuan. Kalau ada yang bilang "Wah ribet amat beli laptop seken mesti ini itu", saran saya "Beli Baru".

Semoga tips membeli laptop seken ini cukup membantu sobat untuk membeli laptop seken. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan.

Posting Komentar untuk "Tips Membeli Laptop Bekas Second 2nd"