Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Menghilangkan Rasa Malas

8 cara menghilangkan rasa malas yang berlebihan

Ketika di dalam diri Anda sudah mulai muncul rasa malas, ada banyak hal yang semula ingin dilakukan tetapi pada akhirnya tidak bisa diwujudkan sesuai target dikarenakan munculnya rasa malas yang berlebihan. Penyebab rasa malas itu sendiri bermacam - macam. Untuk bisa mengatasinya, Anda bisa menerapkan beberapa hal, seperti:


1. Tanamkan niat atau tujuan hidup

Ketika Anda ingin berhasil dalam melakukan sesuatu dan menghilangkan rasa malas, tanamkan niat dan tujuan yang jelas dalam hidup. Tujuan dan niat akan membantu Anda memiliki keyakinan bahwa Anda mampu mengerjakan apa yang Anda mulai dan mendapatkan hasil optimal dari hal yang sudah Anda kerjakan.


2. Kerjakan semua pekerjaan sulit di pagi hari

Cara menghilangkan malas di pagi hari ini sangat ampuh, ya ketika Anda ingin membuang rasa malas yang berlebihan, akan lebih baik jika Anda mengerjakan semua pekerjaan yang terasa sulit di pagi hari. Hal ini karena saat pagi, pikiran Anda masih sangat jernih dan ada beragam ide yang bisa Anda kembangkan untuk menyelesaikan semua pekerjaan sulit. Dengan begitu, Anda bisa mendapat semua hasil optimal dari apa yang Anda kerjakan.


3. Beri motivasi kuat untuk diri sendiri

Terkadang, hidup Anda akan terasa hambar dan sulit ketika Anda tidak memiliki motivasi yang kuat untuk diri sendiri. Untuk menghindari rasa malas, seringlah beri sugesti positif pada diri Anda, seperti berkata “aku pasti bisa,” “ aku mampu,” “aku pasti berhasil,” dan semacamnya. Beragam motivasi yang diberikan pada diri sendiri ini akan memberi semangat tinggi untuk menyelesaikan beragam kesulitan yang Anda hadapi.


4. Olahraga rutin

Ketika Anda merasa malas, atur waktu untuk berolahraga secara rutin. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat dan cukup latih diri Anda untuk melakukan olahraga ringan, seperti jalan santai, lari, atau yoga sekitar 30 menit setiap harinya. Asupan oksigen yang lancar karena Anda rutin berolahraga akan membantu mengatasi rasa malas yang muncul secara perlahan karena metabolisme energi dalam tubuh Anda berlangsung lancar.


5. Terapkan sistem reward untuk diri sendiri

Ketika Anda tidak ingin rasa malas yang dimiliki mengacaukan semua pekerjaan yang Anda miliki, salah satu cara untuk mengatasinya adalah menerapkan sistem reward untuk diri Anda. Sistem reward ini bisa berupa nonton dengan teman sepulang kerja, makan di restoran enak, atau membeli parfum setelah Anda berhasil menjalankan pekerjaan yang sangat sulit. Sistem reward juga termasuk upaya untuk menyemangati diri sendiri agar Anda tidak cepat menyerah dan putus asa saat mencoba mengatasi masalah sulit.


6. Hilangkan kebiasaan berbaring atau duduk di sofa terlalu lama saat siang hari

Ketika Anda merasa lelah di siang hari setelah melakukan pekerjaan tertentu, jangan langsung mencoba mengistirahatkan diri terlalu lama dengan duduk di sofa atau berbaring di tempat tidur. Kebiasaan semacam ini akan menimbulkan rasa malas dan kantuk yang Anda miliki semakin bertambah. Setelah bekerja keras, Anda bisa mengistirahatkan diri dengan mendengar musik atau berdoa sebelum kembali beraktivitas.


7. Periksa asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh

Saat Anda merasa malas, ada kemungkinan hal tersebut terjadi karena asupan makanan yang masuk ke alam tubuh tidak mengandung nutrisi yang seimbang. Oleh karena itu, akan lebih baik jika sebelum makan, Anda menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dan menyeimbangkan lemak dengan protein, vitamin, dan mineral dari buah maupun sayur.


8. Berdoa

Didalam Agama kita juga tidak diperbolehkan bermalas - malasan, selain memaksa diri di kondisi tertentu untuk menghilangkan rasa malas, Anda bisa mengikis rasa malas dengan berdoa dan memohon petunjuk pada-Nya. Dengan berdoa, Anda akan mendapatkan jalan keluar dari semua masalah yang dimiliki.